Radikalisme Sudah Marak Sekali di Dunia Maya, Sekda Harus Berwaspada

Radikalisme Sudah Marak Sekali di Dunia Maya, Sekda Harus Berwaspada

Para sekretaris daerah (sekda) provinsi harus mencermati ancaman radikalisme dan terorisme. Hal ini disampaikan oleh Mendagri Tjahjo Kumolo dalam “Rapat Koordinasi Sinergitas Kebijakan Pemerintah untuk Mempercepat Pencapaian Target Kinerja RPJMN 2015-2019” di Kemendagri, Jakarta, Rabu (17/10/2018).

Acara ini dihadiri oleh jajaran sekda tingkat provinsi di seluruh Indonesia. “Saya sering sampaikan bahwa ancaman bangsa ini radikalisme dan terorisme, kami mengundang Kpela Badan Nasional Penanggulangan Teroris, Pak Suhardi Alias Kepala Badan Siber dan Sandi Negara Djoko Setiadi,” kata Tjahjo.

Ancaman siber kini berpadu dengan konten radikalisme. Hal ini sudah tersebar di dunia maya. Mendagri mengingatkan kondisi itu perlu diwaspadai.

Sekda sebagai pejabat eselon 1 berfungsi sebagai perpanjangan tangan pemerintah pusat. Termasuk mendukung program-program ketiga lembaga (BNPT, BSSN, Wantannas). Sekda menggerakkan SKPD dalam menyusun dan melaksanakan program-program yang ada pada tingkat provinsi.

“Dan sebagai pejabat ASN paling senior di daerah pastinya sekda provinsi paling memahmi kondisi sosial kemasyarakatan dan dinamika ideologi politik masyarakat,” ujar Mendagri.

Mendagri juga mengajak diantaranya mengajak sekda provinsi untuk meningkatkan koordinasi dengan para eselon 1 dan II Kemendagri. Hal ini karena posisi Kemendagri sebagai koordinator pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan pemerintahan daerah, sebagaimana yang diatur dalam UU No 23/2014 tentang Pemerintahan Daerah.

Dalam acara tersebut, hadir Kepala Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT) Komjen Pol Suhardi Alius, Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Djoko Setiadi, Direktur Gratifikasi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Wakil Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), dan Sekjen Dewan Ketahanan Nasional (Wantannas).

Comments

Popular posts from this blog

Cawapres Nomor Urut 02 Menyebut Bahwa PAN dan Prabowo-Sandi Siap Meraih Kemenangan

MUI Menggelar Pelatihan Penanganan Kasus Hukum dan Bersedia Membantu Pemerintah

Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh Dilaporkan oleh Rizal Ramli ke Bareskrim