Skip to main content

Pemerintah Pusat dan Daerah Berniat untuk Fokus Menjalankan Program Nawa Cita

Pemerintah Pusat dan Daerah Berniat untuk Fokus Menjalankan Program Nawa Cita

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengumpulkan jajaran pejabat eselon I, II, dan sekda provinsi. Tjahjo mengingatkan bahwa mereka untuk fokus dalam setiap program kerja yang sejalan dengan Nawa Cita Pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla.

“Intinya selama 4 tahun pemerintahan ini nantinya pada 20 Oktober 2018 mendatang diharapkan teman-teman eselon I, II, staf ahli BNPP, dan staf khusus mampu untuk menjabarkan apa yang menjadi program Pemerntah, yaitu Nawa Cita,” kata Tjahjo dalam “Rapat Koordinasi Sinergitas Kebijakan Pemerintah Untuk Mempercepat Pencapaian Target Kinerja RPJMN 2015-2019” di Gedung Sasana Bhakti Praja (SBP) Kemendagri, Jakarta, Rabu (17/10/2018).

Ia menegaskan bahwa rapat koordinasi tersebut untuk menyamakan persepsi membangun pola pikir yang lebih komprensif terkait dengan program-program strategis pemerintah. Pertemuan seperti ini penting untuk membangun sinergitas kebijakan pemerintah dan pemerintah daerah.

Alasannya banyak kebijakan pemerintah pusat, baik itu UU, Peraturan Pemerintah, atau Permendagri yang ironisnya digugat bupati dan wali kota. “Pemerintah itu satu sehingga antara pusat dan daerah juga harus tegak lurus melaksanakan UU yang sudah disepakati,” lanjutnya.

Selain itu, Tjahjo mengingatkan kembali arahan utama Presiden Joko Widodo agar antar-kementerian/lembaga dan daerah harus sinergi, saling terhubung, dan fokus sasaran harus dicapai.

“Output-nya harus jelas karena berhasilnya sebuah daerah, baik provinsi maupun kabupaten/kota ukuranya yakni mampukah kita untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di daerah, mampu menekan angka kemiskinan, angka pengangguran dan mampu menghadapi tantangan bangsa Indonesia,” tuturnya. Tantangan yang dimaksud yakni radikalisme dan terorisme, narkoba, area rawan korupsi, serta ketimpangan sosial dan masalah sosial.

Comments

Popular posts from this blog

Cawapres Nomor Urut 02 Menyebut Bahwa PAN dan Prabowo-Sandi Siap Meraih Kemenangan

MUI Menggelar Pelatihan Penanganan Kasus Hukum dan Bersedia Membantu Pemerintah

Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh Dilaporkan oleh Rizal Ramli ke Bareskrim